1.  Tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi adalah :

a.  Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampuberperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.

b. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan - kenyataan sosial yang timbul di dalam masyarakat Indonesia

c. Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi
Jadi pendidikan umum yang menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa,


2.  Tiga kemampuan yang diharapkan setelah lulus dari perguruan tinggi :
           
a. Kemampuan akademis
b. Kemampuan professional
c. Kemampuan personal


3. Latar belakang diberikannya ISD adalah banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem  pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.


4.  Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan mata kuliah analisis atas aneka fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak mungkin bisa memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Sejak zaman prasejarah hingga sejarah, manusia telah disibukkan dengan keterciptaan berbagai aturan dan norma dalam kehidupan  berkelompok mereka. Dalam kelindan berbagai keterciptaan itulah ilmu pengetahuan terbukti memainkan peranan signifikan.

Sumber : www.ugm.ac.id

5.  Mata kuliah ISD menjadi mata kuliah  tujuan : 
a. Mahasiswa memiliki kesiapan untuk menekuni dunia keilmuan.
b. Mahasiswa bisa mengerti dan memahami prinsip filsafaat ilmu sebagai landasan mengerti dan memahami berbagai fenomena sosial kontemporer.
c. Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep ilmu sosial yang akan digunakan sebagai instrumen memetakan segala problematika sosial kemasyarakatan.
Sumber : www.ugm.ac.id


6.         Tiga kelompok ilmu pengetahuan :
           
a. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
b. Ilmu-ilmu sosial ( social scince )
c. Pengetahuan budaya ( the humanities


7.  Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
8.  Contoh masalah sosial : Penyakit menular yang dialami seorang istri dapat berpengaruh pada perceraian dalam keluarganya (budaya), yang menyebabkan stress (psikologis).

1 Response to

Anonim
11 April 2020 pukul 09.23

saya mahasiswa dari IT TELKOM SURABAYA


Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini .. terimakasih ya infonya :)

Posting Komentar

About Us